Main Article Content

Abstract

Studi ini ditujukan untuk mengetahui capaian pembangunan kehutanan dengan langkah rehabilitasi hutan dan lahan kritis di Provinsi NTB berbasis road map RHL NTB 2016-2026. Di sisi lain, studi ini juga bertujuan untuk menganalisis strategi langkah RHL yang berkelanjutan dan memiliki nilai tambah. Dari studi ini diharapkan dapat memberikan: tersusunnya langkah-langkah strategis RHL yang efektif, efisien, dan tepat sasaran sebagai bagian dari pembangunan kehutanan berkelanjutan di Provinsi NTB; tercapainya perencanaan peningkatan kualitas hutan dan lahan melalui pengelolaan hutan lestari; tercapainya pembangunan yang selaras dengan core business kehutanan; dan meningkatnya taraf hidup masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan. Metode yang digunakan adalah diskusi terfokus; pengambilan data primer dan analisisnya dengan teknis analisis leverage dan ; wawancara; studi literatur; dan observasi lapangan. Untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan berbasih hutan, dari hasil studi ini adalah: penyusunan langkah strategis RHL yang efektif, efisien, dan tepat sasaran sebagai bagian dari pembangunan kehutanan berkelanjutan; peningkatan kualitas hutan dan lahan melalui pengelolaan hutan lestari; pembangunan yang selaras dengan core business kehutanan; dan meningkatkan taraf hidup masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan.

Keywords

pembangunan hutan analisis leverage analisis keberlanjutan

Article Details

How to Cite
Susanto, W. (2024). Analisis Pembangunan Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan Berbasis Hutan di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bappenas Working Papers, 7(2), 119 - 140. https://doi.org/10.47266/bwp.v7i2.321

References

  1. Buckingham, Kathleen, Sabin Ray, Carolina Gallo Granizo, Lucas Toh, Fred Stolle, Faustine Zoveda, Katie Reytar, et al. 2019. THE ROAD TO RESTORATION A Guide to Identifying Priorities and Indicators for Monitoring Forest and Landscape Restoration. Washington DC: World Resources Institute; Food and Agriculture Organization of the United Nations.
  2. Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat. 2016. Road Map Rehabilitasi Hutan dan Lahan Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2016-206. Mataram: Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat.
  3. Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat. 2021. “Capaian Kinerja Program/Kegiatan TA 2020 dan Rencana kerja TA 2021 & TA 2022.” Paparan Presentasi.
  4. —. 2019. Rencana Strategis 2019-2023. Mataram: Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat.
  5. Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah I. 2021. “Sinkronisasi Kebijakan Rehabilitasi Hutan dan Lahan di Daerah.” Paparan Presentasi Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri.
  6. FAO, IUCN CEM & SER. 2021. Principles for ecosystem restoration to guide the United Nations Decade 2021–2030. Rome: FAO.
  7. KLHK. 2019. “Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.105/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang Tata Cara Pelaksanaan, Kegiatan Pendukung, Pemberian Insentif, serta Pembinaan dan Pengendalian Kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan.” Dalam Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 16. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
  8. Mukarom, Madani. 2022. “Rehabilitasi Hutan dan Lahan untuk Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim Provinsi Nusa Tenggara Barat.” Paparan Presentasi.
  9. Primabodo, Djarot. 2021. “Rehabilitasi Hutan dan Lahan untuk Ketahanan Bencana di Provinsi NTB.” Paparan Presentasi Disampaikan dalam Rapat Koordinasi Usulan Gubernur NTB pada Penyusunan RKP 2022.
  10. Rahayu, Nur Hygiawati. 2021. “Pembahasan Usulan Kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan Provinsi Nusa Tenggara Barat.” Paparan Presentasi Direktorat Kehutanan dan Konservasi Sumber Daya Air Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.
  11. Tim TAPE NTB. 2022. “Review Proses Insentif Fiskal Berbasis Ekologi di NTB.” Paparan Presentasi 1-26.