Main Article Content

Abstract

Kajian ini dimaksudkan untuk menelaah pola rekrutmen Bank BRI dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan perbankan. Metode kajian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis Systematik Literature Review (SLR). SLR dipakai untuk melakukan tinjauan pustaka secara sistematis dengan memanfaatkan situs/website guna mendapatkan sumber referensi berupa artikel baik dalam bentuk publikasi nasional maupun internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank BRI telah menerapkan strategi rekrutmen dengan fokus pada kompetensi dan pengalaman sebagaimana kualifikasi kebutuhan SDM menurut teori perencanaan SDM. Pola rekrutmen yang dilakukan secara selektif dan terstruktur untuk menjamin kualitas SDM juga sudah ditemukan dari hasil analisis kajian ini dan terbukti telah memenuhi standar yang telah ditetapkan. Temuan kajian berikutnya yaitu BRI sudah menerapkan proses manajemen SDM sebagaimana aspek perencanaan, pembinaan, dan pengembangan pekerja, pendidikan, serta pelatihan hingga kesejahteraan SDM. Kajian ini merekomendasikan untuk kualitas manjamenen SDM pada Bank BRI diperlukan strategi perencanaan SDM yang komprehensif mulai dari rekrutmen hingga pengembangan SDM unggul sebagaimana kemajuan teknologi dan tren industri 5.0 di Indonesia.

Keywords

rekrutmen kualitas layanan Bank BRI

Article Details

How to Cite
Dwiyanti, F. S., Nirmalasari, L., & Zakaria, Z. (2024). Kajian SDM BUMN: Telaah Mekanisme Pola Rekrutmen Bank BRI dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Perbankan. Bappenas Working Papers, 7(1), 1 - 15. https://doi.org/10.47266/bwp.v7i1.313

References

  1. Ali, A. (2023, Juli 5). Nasabah Prioritas Bank BRI Kehilangan Rp 1,4 Miliar Akibat Phising, Sambangi Polda Jatim. Dipetik April 28, 2024, dari www.beritasatu.com: https://www.beritasatu.com/ekonomi/1055579/nasabah-prioritas-bank-bri-kehilangan-rp-14-miliar-akibat-phising-sambangi-polda-jatim/2
  2. Annur, C. M. (2024, Januari 29). 10 Negara dengan Proyeksi Tingkat Pengangguran Tertinggi menurut IMF (2024). Dipetik April 26, 2024, dari databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/29/10-negara-dengan-proyeksi-pengangguran-tertinggi-2024-ada-indonesia#:~:text=International%20Monetary%20Fund%20(IMF)%20memproyeksikan,di%20urutan%20ke%2D59%20dunia
  3. bri.co.id. (t.thn.). Informasi Perusahaan. Dipetik April 27, 2024, dari https://bri.co.id/info-perusahaan
  4. developers.bri.co.id. (t.thn.). 9 Tantangan Perbankan di Era Digital dan Cara BRIAPI Meresponnya. Dipetik April 27, 2024, dari developers.bri.co.id: https://developers.bri.co.id/id/news/9-tantangan-perbankan-di-era-digital-dan-cara-briapi-meresponnya
  5. Kerjoo. (2022, September 5). Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Perusahaan. Dipetik April 30, 2024, dari kerjoo.com: https://kerjoo.com/blog/sumber-daya-manusia/
  6. Khadafi, M. (2024, Februari 27). Daftar 10 Bank Terbesar di Indonesia Terbaru, OCBC Pepet Permata. Dipetik April 27, 2024, dari www.cnbcindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/market/20240227135142-17-517963/daftar-10-bank-terbesar-di-indonesia-terbaru-ocbc-pepet-permata
  7. kumparan.com. (2024, Februari 23). Bank BUMN Apa Saja? Ini Daftarnya di Indonesia. Dipetik April 27, 2024, dari kumparan.com: https://kumparan.com/berita-bisnis/bank-bumn-apa-saja-ini-daftarnya-di-indonesia-22Dk8etQnhJ
  8. Putri, A. M. (2023, Juli 14). Daftar Perusahaan dengan Pekerja Terbanyak, Ada Astra dan BRI. Dipetik April 27, 2024, dari www.cnbcindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/research/20230714080636-128-454224/daftar-perusahaan-dengan-pekerja-terbanyak-ada-astra-dan-bri
  9. Salim, M. P. (2022, November 29). PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, Sejarah, Layanan, dan Anak Perusahaan. Dipetik Agustus 27, 2024, dari www.liputan6.com: https://www.liputan6.com/hot/read/5139230/pt-bank-rakyat-indonesia-tbk-sejarah-layanan-dan-anak-perusahaan?page=3
  10. Soemarsono. (2018, Oktober 9). SDM (Sumber Daya Manusia). Pilar Penting Atas Keberhasilan dan Kegagalan Organisasi. Dipetik April 26, 2024, dari djpb.kemenkeu.go.id: https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/palangkaraya/id/data-publikasi/berita-terbaru/2825-sdm-sumber-daya-manusia-pilar-penting-atas-keberhasilan-dan-kegagalan-organisasi.html
  11. Vika. (2023, Juli 14). 10 Langkah Rekrutmen dan Seleksi yang Efektif. Dipetik April 30, 2024, dari hrpods.co.id: https://hrpods.co.id/recruitment-and-selection/10-strategi-rekrutmen-dan-seleksi-220627
  12. Aprillia, A. R., Cahyono, D., & Nastiti, A. S. (2021). Systematic Literature Review (SLR): Keberhasilan dan Kegagalan Kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Jurnal Akuntansi Terapan Dan Bisnis, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.25047/asersi.v1i1.2681
  13. Bariqi, M. D. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 11(2), 153. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/jsmb.v5i2.6654
  14. Chaniago, H. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan , Kualitas Produk , dan Harga pada Loyalitas Konsumen Nano Store Analysis of Service Quality , Products Quality , and The Price on Nano Store Consumers ’ Loy ... Available at https://ijabo.a3i.or.id Analisis Kualitas Pelayanan. International Journal Administration, Business and Organization, December 2020.
  15. Ekasari, R. (2020). PROBLEMATIKA REKRUTMEN PEGAWAI BANK BRI SYARIAH CABANG BENGKULU (Vol. 2507, Issue 1) [INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU 2020]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6033
  16. Faradannisa, M., & Supriyanto, A. (2022). Kepuasan Pelanggan Ditinjau dari Store Atmosphere, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Etika Bisnis Islam. Tawazun: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 76–94.
  17. Febriana, N. I. (2016). AnalisisMuamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung. An-Nisbah, 03(01), 145–168.
  18. Firmansyah, D. (2019). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Fungsi dan Peran SDM Perusahaan, Kompetensi Strategis di Industri 4.0 Deri Firmansyah PENERBIT CV. EUREKA MEDIA AKSARA.
  19. Fitriani, A. (2023). Peningkatan Prestasi Kerja Pegawai Melalui Pelatihan Pada Pt Bank Rakyat Indonesia. Fokus: Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang, September, 334–352. https://jurnal.unka.ac.id/index.php/fisip/article/view/862/807%0Ahttps://jurnal.unka.ac.id/index.php/fisip/article/download/862/807
  20. Harahap, A. H., & Amanah, D. (2019). Kajian Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Nasabah Perbankan di Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 25(2), 160–172.
  21. Hasan, N. I. (2014). Pengantar Perbankan (Cetakan: P). Referensi (Gaung Persada Press Group).
  22. Hutabalian, Y. H., & Kalagi, J. S. (2015). Peran Customer Service Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Di Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Politeknik. E-Journal “Acta Durma,” IV(3), 1–10. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/7572/7125
  23. Kharisma, I. M., & Wening, N. (2023). Peran Rekrutmen Dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematik. Jurnal E-Bis: Ekonomi-Bisnis, 7(1), 61–80. https://doi.org/10.37339/e-bis.v7i1.1111
  24. Labola, Y. A. (2019). Konsep Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi, Bakat dan Ketahanan dalam Organisasi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1). https://doi.org/10.26905/jmdk.v7i1.2760
  25. Lina, R. (2020). Pengaruh Rekrutmen Terhadap Kinerja Karyawan. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 281–290. https://doi.org/10.5281/zenodo.3930694
  26. Meilani, A., & Sugiarti, D. (2022). Analisis Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2501. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6586
  27. Nikmah, W., Mukarromah, A., Widyansyah, D., & Anshori, M. I. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pengembangan SDM. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 1(5), 366–386. https://doi.org/10.59059/mutiara.v1i4.511
  28. Prasetya, A. I., Cahyo, A. D., & Maula, A. (2018). METODE DAN PROSEDUR PELAKSANAAN REKRUTMEN SELEKSI PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk. Competence : Journal of Management Studies, 12(2), 90–107. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4952
  29. Purwanto, R. C., & Suratman, A. (2022). Pengaruh Pelatihan & Pengembangan Melalui Metode E-Learning terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Manado. Selekta Manajemen : Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(04), 254–266. https://journal.uii.ac.id/selma/index
  30. Puspitawati, D., Laely, N., Sustiyatik, E., & Marwanto, I. H. (2022). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Serta Prestasi Kerja Terhadap Peningkatan Karir Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Pasar Baru Pare. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 5(2), 231–248. https://doi.org/10.30737/jimek.v5i2.4049
  31. Selvias, M. C., Utari, S. T., Nurlina, S., & Putri, A. M. (2021). Analisis Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia (Studi Pada ACE Hardware Indonesia). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3377–3386.
  32. Setiani, B. (2013). KAJIAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PROSES REKRUTMEN TENAGA KERJA DI PERUSAHAAN. Jurnal Ilmiah Widya, 1(1), 41.
  33. Sholatiah, A., Lestari, R. P., & Komalasari, S. (2022). Teknik Dan Metode Rekrutmen Sebagai Penentu Hasil Kinerja Karyawan. Jurnal Ecoment Global, 7(2). https://doi.org/10.35908/jeg.v7i2.2092
  34. Suryani, N. K., & FoEh, J. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan Pe). Nilacakra.
  35. Susan, E. (2019). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Eri Susan 1. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 952–962.
  36. Tufa, N. (2018). Pentingnya Pengembangan SDM. Iqtishodiyah : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam.
  37. Utama, D. B. (2022). OPTIMALISASI SUMBER DAYA MANUSIA BANK BRI MELALUI BRI CORPORATE UNIVERSITY. In Universitas Islam Indonesia (Issue 8.5.2017). Universitas Islam Indonesia.
  38. Wati, R., Apriandi, Wahyudi, & Komalasasri, S. (2023). Proses Rekrutmen Dan Seleksi Karyawan. Jurnal Niagawan, 12(2), 57–64.
  39. Yullyanti, E. (2011). Analisis Proses Rekrutmen dan Seleksi pada Kinerja Pegawai. Analisis Proses Rekrutmen Dan Seleksi Pada Kinerja Pegawai, 16(1996), 131–139. https://doi.org/10.20476/jbb.v16i3.615