Main Article Content

Abstract

Naskah ini membahas strategi bersaing dan strategi bertahan pada UMKM di Kota dan Kabupaten Bekasi yang bergerak pada bidang cafe dan resto setelah menghadapi krisis ekonomi akibat covid 19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankan bahwa strategi resiliensi UMKM dan competitiveness mempengaruhi pengembangan bisnis secara berkelanjutan terhadap pelaku usaha yang bergerak pada bidang food and beverage setelah menghadapi krisis ekonomi akibat covid 19, dimana hal tersebut dapat dilihat dari respon para pemilik UMKM/Coffeeshop untuk mengembangkan bisnis secara berkelanjutan, baik dalam bentuk mengganti fokus bisnis yang dijalani, sampai dengan memanfaatkan situasi krisis menjadi hal yang lebih positif, yang dapat bermanfaat tidak hanya bagi keuntungan dari para pemilik UMKM/Coffeeshop, namun juga bermanfaat bagi sesama manusia dan lingkungan.

Keywords

strategi bertahan strategi bersaing cafe dan resto UMKM food and beverage

Article Details

How to Cite
Firestu, H. I. (2024). Strategi Bertahan UMKM dalam Menghadapi Krisis Ekonomi (Studi Kasus pada Coffee shop di Kota dan Kabupaten Bekasi). Bappenas Working Papers, 7(2), 106 - 118. https://doi.org/10.47266/bwp.v7i2.312

References

  1. Andri Cipto Utomo, T. H. (2020). Resiliensi Menghadapi Covid 19. Jakarta: BNPB RI.
  2. Anizar, R. (2020). Buku Panduan PsikoEdukasi Resiliensi Keluarga. Jakarta: Universitas Persada Indonesia.
  3. Annur, C. M. (2023). Katadata. Retrieved Januari 28, 2024, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/19/inilah-kriteria-umkm-berdasarkan-hasil-penjualannya-menurut-pp-7-nomor-2021: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/19/inilah-kriteria-umkm-berdasarkan-hasil-penjualannya-menurut-pp-7-nomor-2021
  4. Avriyanti, S. (2021). Strategi Bertahan Bisnis Di Tengah Pandemi Covid 19 Studi Pada UMKM Terdampak. Jurnal Pemikiran dan Penelitian STIATABALONG Vol 5 Nomor 38 , 62.
  5. BPKRI, J. (2021). Penganggaran, Pelaksanaan dan Penatausahaan, Pelaporan dan Pertanggungjawaban serta Monitoring Hibah dan Bantuan Sosial. Cikarang: JDIH BPK RI.
  6. BPKRI, J. (2021). Perkuatan Modal Koperasi Dan Usaha Mikro Melalui Dana Bergulir Yang Bersumber Dari Dana Insentif Daerah Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Daerah. Bekasi: JDIH BPK RI.
  7. BPS. (2023). Jumlah Usaha Restoran, Rumah Makan, dan Cafe Berdasarkan Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Bekasi: Badan Pusat Statistik dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat.
  8. Fauji, D. A. (2016). Analisis Karakter Pelaku UMKM. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol. 11 No. 1 (2016) .
  9. Hakim, M. S. (2018). Peningkatan Kapabilitas Pengelolaan Keuangan UMKM Bidang Otomotif Melalui Pelatihan Pengelolaan Keuangan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat , 102.
  10. Hanggraito, A. A. (2022). Model Resiliensi Pelaku Bisnis Sektor Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Hospitality Management , 61-62.
  11. Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vol. 10 No. 1, Juni 2020 , 90.
  12. Hemay, I. A. (2020). Resiliensi Komunitas Pesantren Terhadap Radikalisme. Jakarta: CSRC.
  13. Indonesia, U. (2023, Desember 8). https://ukmindonesia.id. Retrieved Januari 27, 2024, from https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/data-umkm-jumlah-dan-pertumbuhan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-di-indonesia: https://ukmindonesia.id
  14. Jabar, S. (2023, Desember). Daftar UMKM Penerima Bantuan di Kota dan Kabupaten Bekasi. Retrieved Januari 20, 2024, from https://simpum.bekasikab.go.id/page/detail/94/DATA-UMKM-PENERIMA-BANTUAN-MODAL-BAZNAS-KABUPATEN-BEKASI: https://simpum.bekasikab.go.id/page/detail/94/DATA-UMKM-PENERIMA-BANTUAN-MODAL-BAZNAS-KABUPATEN-BEKASI
  15. Jaya, A. D. (2023). Strategi Bertahan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19. Journal Economic Literatur IDEAS Vol 1 No 1 2023 , 70.
  16. Maesaroh. (2022, Oktober 12). https://www.cnbcindonesia.com/market/20221012140255-17-379180/indonesia-pernah-diterjang-tiga-resesi-mana-yang-terburuk.
  17. Martowardojo, A. D. (2020). Mengoptimalkan Potensi dan Memperkuat Resiliensi. Jakarta: Bank Indonesia.
  18. Masruroh, A. (2023). Strategi Bersaing UMKM ditengah pandemi covid 19. Jurnal MANOVA Volume VI Nomor 1 , 3.
  19. Moh, F. D. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Pada Coffeeshop Di Kota Rangkasbitung. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, Vol. 9 No.3, September 2023 , 944.
  20. Prabawani, B. (2016). Bussiness Sustainability Dan Peran Triple Helix Dalam Industri. Yogyakarta: Terra Media.
  21. Rahayu, A. (2021). Buku Panduan Psikoedukasi Resiliensi Keluarga. Jakarta: Universitas Persada Indonesia YAI.
  22. Rahmawati, H. (2020). Pengumpulan Bukti Validitas Skala Individu Skala Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa. Jakarta: Deeppublisher.
  23. Ramadhani, D. Y. (2022). Kecerdasan Emosional Dan Resiliensi Mahasiswa. Purbalingga: Eureka.
  24. Resita. (2023, April). https://www.pajakku.com/read/6343bca5b577d80e80cd54f1/Coffee-Shop,-Bisnis-Kekinian-Yang-Dikenakan-Pajak.
  25. Septiaji Eko Nugroho, A. A. (2020). Membangun Resiliensi Dalam Gejolak Pandemi. In F. a. Orosz. Jakarta: Mafindo.
  26. Teriyan, A. (2021). Strategi Bertahan UMKM di Bali di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Peradaban Masyarakat Vol. 1, No. 2 , 30.
  27. UMKM, K. K. (2024, Januari 5). https://www.kemenkopukm.go.id/kumkm-dalam-angka/?type=indikator-umkm&sub=0. Retrieved 1 28, 2024, from https://www.kemenkopukm.go.id/: https://www.kemenkopukm.go.id/kumkm-dalam-angka/?type=indikator-umkm&sub=0