Main Article Content

Abstract

Studi ini mencoba mengelaborasi model kelembagaan think tank pemerintah yang sesuai dengan Indonesia. Pendekatan studi ini kualitatif dengan melakukan studi best practices di Korea Selatan dan India yang mempunyai lembaga think tank yang berasal dari institusi perencanaan, yaitu KDI dan NITI Aayog. Adaptasi model KDI dan NITI Aayog diperlukan untuk merevitalisasi fungsi think tank yang sudah ada pada Bappenas. Kelembagaan think tank ini akan menjadi jembatan antara penelitian dan kebijakan (bridging research to policy) dan jembatan ilmu pengetahuan kepada kekuasaan (bridging knowledge to power). Kompleksitas permasalahan pembangunan menjadi tantangan pemerintah untuk dikelola dan diatasi berdasarkan ilmu pengetahuan yang bersumber dari penelitian akademis. Lembaga think tank harus dapat merumuskan bagaimana ilmu pengetahuan tersebut ditransformasikan menjadi riset kebijakan sehingga dihasilkan solusi kebijakan yang teruji.

Keywords

bappenas think tank

Article Details

Author Biography

Muhyiddin, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/BAPPENAS

Muhyiddin adalah Perencana Madya pada Pusat Analisis Kebijakan dan Kinerja - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS. Penulis juga sebagai Ketua Editor Jurnal Perencanaan Pembangunan.

How to Cite
Muhyiddin. (2019). Menelaah Kembali Peran Bappenas sebagai Lembaga Think Tank Pemerintah. Bappenas Working Papers, 2(2), 294-309. https://doi.org/10.47266/bwp.v2i2.46