Bappenas Working Papers (BWP) mengundang para akademisi, praktisi, dan birokrat yang menekuni perencanaan pembangunan untuk berkontribusi. Beberapa bidang yang menjadi topik di BWP adalah sebagai berikut:

  • Kebijakan Makroekonomi: makroekonomi, fiskal, anggaran, pembiayaan, moneter, perdagangan, industri, investasi, kerjasama luar negeri dan internasional, dan perbankan.
  • Otonomi Daerah dan Pengembangan Wilayah: otonomi daerah, pembangunan daerah, wilayah tertinggal, daerah perbatasan, pembangunan perkotaan, pembangunan perdesaan, transmigrasi, pengembangan kapasitas daerah, kerjasama antar daerah.
  • Sarana dan prasarana: infrastruktur energi, logistik, konektivitas, transportasi darat, transportasi laut, air transportation, perkeretaapian, penyediaan air bersih, perumahan dan permukiman, sanitasi, irigasi, pengairan. Drainase, dan telekomunikasi.
  • Sumber Daya Alam dan Lingkungan: sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, sumber daya alam yang dapat diperbarui, lingkungan, kehutanan, pertanian, kelautan, dan perikanan.
  • Pembangunan Manusia: pendidikan, kesehatan, kepemudaan, keolahragaan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.
  • Pembangunan Hukum, Politik, Administrasi Publik, Pertahanan, dan Keamanan: hukum, politik dalam negeri, politik luar negeri, administrasi publik, pemerintahan, regulasi dan legislasi, pertahanan, dan keamanan.
  • Kebijakan untuk Isu-isu Pembangunan Strategis: pengentasan kemiskinan, climate change, jaminan sosial, kebencanaan, bonus demografi, middle income country trap, pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals), dan isu-isu strategis pembangunan lainnya.

Hormat Kami,

Muhyiddin (Ketua Dewan Editor)

Bappenas Working Papers - ISSN: 2620-6013 (print); ISSN: 2654-8402 (online).

Email: workingpapers.bappenas@gmail.com

Vol 4 No 1 (2021): Maret 2021

Published: Mar 31, 2021

View All Issues